Biaya Gadai Emas di BSM (Bank Syariah Mandiri)

Pagi ini ada komentar masuk dari pak Yani mengenai biaya gadai di BSM, nampaknya cukup bagus.

Tanggal 6 Juli 2009 saya ke Bank Mandiri Syariah Depok, persisnya di depan Terminal bis Depok Baru.

Biaya gadai di Bank Syariah Mandiri per 4 bulan adalah 5.500 bisa diperpanjang. Ada biaya tambahan sebesar 20.000 sebagai biaya administrasi.

Jadi bisa dihitung lagi nih biaya gadainya:

Kalau biaya administrasi flat hitungan gadai 25 gram jadi:

Biaya gadai:
5,500 : 4 = 1,375 x 25 gram x 12 bulan = 412,500

Biaya administrasi:
20,000 : 4 = 5,000 x 12 bulan = 60,000

Jadi total biaya menjadi: 412,500 + 60,000 = 472,500

Wow, cukup kompetitif juga!

Thanks mas Yani atas pencerahannya!

Biaya Gadai Emas di BSM (Bank Syariah Mandiri)
0 votes, 0.00 avg. rating (0% score)

107 Responses to “Biaya Gadai Emas di BSM (Bank Syariah Mandiri)

  • Gadai Emas Syariah: Penuh dengan Riba

    Pertanyaan:
    Saya ingin bertanya bagaimana hukum tentang investasi emas?
    Contoh:
    Kita punya modal untuk membeli emas terus kita gadai untuk medapatkan uang. Modal kembali dari uang modal tersebut, lalu kita membeli lagi emas, nah untuk beberapa bulan atau tahun ketika harga jual emas naik kita menjual emas itu. Nah apakah dengan sistem Itu termasuk halal atau haram?

    Dari: Aripin Nurdin

    Konsultasi Syariah: Yang bermasalah adalah, Anda menggadaikan emas dan pegadaian di tempat kita masih sarat dengan riba.

    Penanya: Meskipun di tempat pegadaian syariah?

    Jawaban:
    Kecenderungan harga emas yang naik melaju lebih dari 30% per tahun mengubah haluan banyak orang berinvestasi dari surat-surat berharga dan valuta asing –yang terkena imbas krisis global- menuju investasi gadai emas di bank-bank syariah. Lebih dari itu, gadai emas syariah telah menjadi alternatif untuk mendapatkan modal dengan cara aman. Ditambah label ‘syariah’ yang melekat, membuat orang semakin nyaman dengan ‘jaminan kehalalannya’. Pihak bank mengklaim, konsep produknya merujuk pada DSN MUI. Lagi-lagi, ternyata hanya klaim tanpa bukti.

    http://www.konsultasisyariah.com/gadai-emas-syariah-penuh-dengan-riba/

  • masih bingung saya, pengen beli koin mas dekat2 atau masih dalam kota, karena saat saya menjual akan lebih mudah transaksinya, selama ini jual beli emas masih berpusat di Jakarta, gimana dijawa timur khususnya madura,, apakah memang tidak ada cabang seperti pegadaian ? modal inves sudah ada tapi masih bingung yang mau menyalurkannya dalam bentuk emas,, mencari kepercayaan masih sulit rasanya di indonesia, banyak penipuan disana sini

  • mo tanyak pak, modal emas sy 15 grm taksiran 90% dptlah 5.896.395, biaya pemeliharaan 471.000/4 bln dan biaya admin 28.735, sy hrs nambah berapa utk setiap blnnya agar sy dpt membeli emas dgn berat yg sama dan bagaimana kita bs panen dibulan ke5, kog berbeda ya seperti yg diilustrasikan diebook kebun mas? trim’s atas penjelasannya.

  • Maaf bos….numpang tanya.
    Lebih untung mana,berkebun emas dengan berkebun sawit ato kakao/coklat?

  • beli emas batangan ato emas perhiasan pak dedi?

  • Pada repot berkebun emas nih, kalo ana sih pake jasa koperasi, jasa 2% menurun sebulan, ana pinjem 25 juta trus beli emas 50 gr, potongan 1,25 juta pokok + jasa 500br menurun sampe 20 bulan. Nah baru 5-10 bulan ana rehab alias pinjam 10 jt (cukup 20 gr) demikan trus berulang, wah lumayan neh jangka waktu 3 tahun dapet 300 gram. Ga ribet, and emas masih kita pegang (ga tergadai). And Tiap RAT (rapat anggota tahunan) dapat SHU (sisa hasil usaha 48% return dari jasa masuk) kan kalo diitung2 nguntungin banget daripada gadai 4 bulan ga ketebus bila melayang tuh emas.

  • mas saya punya bisnis investasi yang ngasih untung 2,5% /bulan = 30% per tahun udah berlangsung 3 tahun dan konstan ,melihat gejala kenaikan emas di akhir2 tahun ini apakah lebih menguntungkan jika saya alihkan di kebun emas saja???modal saya 40 jutaan thanks

  • Mohon tanya dong… gimana sih sebenarnya sistem kerjanya? apa bedanya dengan beli emas dan di simpan di rumah saja? thx 4 sharing.

  • Ada 1 hal yang harus diperhatikan dalam usaha berkebun emas. NILAI SEWA TEMPAT. Di ebook berkebun emas, setahu saya NILAI SEWA TEMPAT sifatnya “flat” tetap tidak mengalami kenaikan harga. Namun di kenyataannya, NILAI SEWA TEMPAT mengalami kenaikan, seiring dengan kenaikan harga emas. 1 th bisa 2 -3 x kenaikan harga.
    Jika menyimpan di bank syariah dlm jangka waktu lama, pasti nilai nominal sewa tempatnya juga ikut berubah dengan cukup significant.
    Jadi perhitungkan baik baik jika ingin berkebun emas.
    Memang lebih bijak jika membeli emas dengan modal sendiri, lalu disimpan dengan baik. (Safe Deposit Box).

    Maaf jika ada yang salah penulisan.

  • Saya pernah investasi berkebun emas di BRI syariah,dan hasil yang saya peroleh luar biasa…., jika kita bisa menentukan timing saat akan inves emas, memang tidak setiap bulan saya berkebun …, tapi penentuan kapan titik terendah harga emas…,just filling….dan cuma sampingan jadi bukan pokok…, tgl 1 juli 2011 saya invest emas 1000 gr( dengankebu emas saya mengeluarkan modal 32jt di saat harganya Rp.405.000 dan di tanggal 30 Agustus 2011 saya jual dengan harga 436.000 jadi keuntungan saya bersih kurang lebih= Rp.30.000.000 …wow hebat…hampir 100% …( Lihat kenaikan harga emas dari 1 juli 2011 s/d 30 Agustus 2011 )

    • Dear pak priambodo,

      Dari mana jalannya pak investasi emas 1000gr hanya dgn modal 32jt sementara harga emas saat itu bpk bilang Rp 405.000/gr nya??

  • melihat gejolak politik dunia…merosotnya nilai tukar US$ jg imbas perekonomian jepang akibat bencana sunami ( terhambatnya pembayaran utang LN )…knaikan minyak mentah dunia…n bla..bla…prediksi sy hingga ahir tahun kemungkinan besar emas akan mengalami kenaikan hingga menyentuh 100% ( selama kurun waktu 1 th ) cm jgn buru2 dulu..jika itu benar kita musti ingat hingga bln ini emas sudah mengalami kenaikan brp %? nah kmungkinan kenaikan yg sy blg td tinggal dikurangi total knaikan hingga bln ini….nah ketemunya insyaAllah itulah peluang yg bkal qt dapatkan…hehe tp klo salah yea jgn omelin sy…cz semua terserah saudara yg dah pengen main emas layaknya qt bermain sekuritas..hehe makaseeehhh…

  • Saya mau tanya.
    dalam Gadai di bank Syariah apa bisa mengangsur dalam mengembalikan pinjaman modal kita, karena saya perna tanya di salah satu bank syariah milik swasta, tidak bisa mengangsur pinjaman modalnya, yang bisa hanya memperbanjang saja, sehingga pelunasannya langsung dibayar tunai.
    mohon infonya, jika ada mohon email ke hawkbright@gmail.com
    terima kasih

  • mas semua..saya mau tanya..
    yang bisa digadaikan tuh semua bentuk emas apa hanya emas batangan saja?
    terimakasih sebelumnya…

  • firzen79 masnya ini berlebihan,…msak iya,…emas bisa naik 10% perbulan,…jadi kalo setahun,…120% gitu mas,..wah,..enak banget dong,…emas emang naik,…tp eo ga nyampek sgtu,…
    yg aku pantau nich,…knaikan emas 28,29% setahun aja baru sekali,…TH 2010ke 2011
    kalo dari 2009-20011,..tu mlh cmn 56,19%
    nah,..kalo yang 162.96% tu,..tu kenaikan harga emas mulai dari tahun 2006-2011,….emas emang naik,…tp ya jgn ngawur dong,…
    msak nyampek kya yg dbilangin
    mas firzen79 ” dan kenaikan harga emas adalah 10%/bln. dan dalam jangka setahun ”
    kalo emas bisa naik segitu,…berarti kenaikan harga emas tu 120% dlm stahun,…itu sama artinya,..kalo harga tahun kemarin 300 maka di tahun ini,…nyampex,…660.000 lbih dari dua kali lipat,…
    tp kalo bisa nyampek,…th ini bsa mympk rekor baru nih,…naik 120%,..dlm sthn,…smua cmn buat pmbljaran aja,…mf klo bnyk kta yg nyinggung,…blh ngsh gmbrn,..tp jgn muluk’ dong,…
    slamat brkebun emas,..
    salam sukses,..
    GBU

  • Saya masih awan tentang berkebun emas ini, mohon infonya
    1. saya tinggal di palembang kira2 beli LM dimana ya? kalo beli di tokoh emas harganya gimana dari harga emas di pegadaian/bank?
    2. untuk gadai emas ini biaya yang paling murah di bank mana?
    3. jumlah emas yang paling ideal untuk digadai berapa banyak dan perhitungannya bagaimana?
    terimah kasih sebelumnya.

  • untuk daerah Bandung dan sekitarnya
    yang membutuhkan emas batangan 24K sertifikat antam silahkan kunjungi blog saya di hargaemashariini.blogspot.com. khusus bandung, apabila anda ingin diskusi mengenai gadai emas ataupun konsep kebun emas nya kang rully, silahkan kontak nomor yg tercantum. Servis kami mulai dari penjualan emas hingga dibantu ke pegadaian emas BRI Syariah. thanks

  • dari info yang saya rangkum :
    1. jika gadai di Pegadaian sepengetahuan saya nilai pinjaman bisa diatas 90%-nya (malah ada yang 95%). Sedangkan untuk biaya2 memang cukup bersaing.
    2. jika anda beli LM ada yang bersertifikat ANTAM dan ada yang tidak. Ada yang kena pajak ada yang tidak. cukup bervariasi. Bahkan ada yang bisa dicicil (Pegadaian Syariah). Namun kalo yang dari gerai dinar (untuk koin dinar) ternyata bukan emas 99%/24 karat. hanya sekitar 22 karat saja. Jadi kalo saya boleh saran,,silahkan berinvestasi dengan Logam Mulia yang 24 Karat(dan bersertifikat ANTAM) karena selain keabsahan dari kualitas emas,,harga untuk emas 24 karat lebih bagus.
    dan sekedar informasi bahwa harga emas pada tahun 2010 mengalami peningkatan sebesar 20% lebih (sekitar 26-27%) berdasar kitco.com (diolah)

  • Mohon informasinya kl beli emas batangan di Denpasar dimana ya selain di pegadaian? tks

  • Assalamualaikum…
    kang purwo
    kang sekarang ini saya lagi belajar berkebun emas,tapi saya binggung untuk mulainya dimana yah tempat beli LM di daerah tangerang,pernah saya pesan ke BRI syariah yang 10 atau 20 gr tapi kosong belum ada stock.mudah mudahan kang purwo punya impromasi tempat pembelian LM di daerah tangerang.trims

  • mohon dijawab pak purwo :
    1. saya tinggal di semarang, saya bisa beli emas batangan di mana yang paling aman dan murah?
    2. Biaya gadai yang paling murah di semarang dimana.
    Terima kashi

  • 1. Mohon informasi dimana sy dpt membeli emas batangan saya tinggal diBanjarmasin
    2. Utk kota Banjarmasin kebanyakan menggadaikan emasnya ke mana Penggadaian apa bank Syariah mohon infonya
    3. Apakah biaya gadai tiap daerah berbeda meskipun pada bank yang sama
    terimakasih

  • Di BSM juga sama kok, seminggu yang lalu saya gadaikan emas 150 gr tiga kali, sy cuma ngisi duit di rek BSM kmdian transaksi kemudian fisik emas disediakan BSM, cuma memang kmrin deal ujrohnya masih tinggi pak 5150, untuk tahap berikut kami sedang nego untk menurunkan ujroh menjadi 4800, tapi masih pengajuan eksepsi ke pusat.

  • mohon info, kalo di bogor beli lm selain di pegadaian dimana ya? kalo di pegadaian kan kena biaya +an, saya sudah tanya di solusi tunai, katanya ga kena biaya +an, tapi harus kredit…. kalo di bsm/bris, kena biaya +an lagi g ya?

  • agan agan semua ikut utung rembuk, menurut saya perlu di fahami antara bisnis dan investasi. berkebun emas salahsatu cara dalam berinvestasi, tentunya ini jangka panjang dan hanya untuk keperluan menyelamatkan nilai. sementara agan agan semua jangan terfokus pada keuntungan. keuntungan diperoleh dari cara berbisnis/berdagang. untuk memperoleh keuntungan anda harus berdagang/berbisnis, kemudian sisa dari keuntungan yg diperoleh dari berbisnis itu disimpan dalam bentuk emas termasuk dengan cara kebun emas. bagaimanapun perbankan itu ada itung-itungannya dalam menentukan tarif penyimpanan apalagi trend kebun emas ini sudah dicium memboming, maka sebetulnya perbankan dapat untung juga dari proses kebun emas ini termasuk tukang emas juga dapat untung, dan petani kebun emas pun dapat untung namun keuntungan tersebut jauh lebih kecil dari keuntungan berbisnis.

  • kemarin saya gadai emas k BRI Syariah di Medan, biaya titip gadai emas Rp 32.050/ 10 hari untuk 25 gr LM, saya hitung2 Rp 3850/gr/bulan. Sekedar Info lah

    • trims banget mbak novie sharingnya. katanya kalau di bri syariah cukup bawa uang aja ya, nanti emas dah disediain disitu dan bisa langsung gadai beruntun.

  • Utk melihat trend emas dunia, silakan kunjungi: http://www.kitco.com…. di sana kita bisa lihat pergerakan emas/perak/palladium, dll dalam jangka waktu tertentu, misalnya: 30 hari ke belakang, 60 hari ke belakang, 6 bulan ke belakang, 5 bahkan 10 tahun ke belakang…

  • sy sudah nyimpen emas 50 gr selama setahun,,tp harganya sama aja naik turun kayak kita main valas.mungkin 10 tahun yg akan datang kali harga bisa naik drastis.

  • klo di yogya banyak. salah satu ny di toko emas semar ato d toko2 emas di bringharjo jg ada. klo d semar harga pergram emas 10gr beda dg emas 1gr. d bringharjo emas antam 10gr harga pergramnya sama dg emas 1gr (diambil harga termurah)jdi lebih murah tapi tokonya kecil lebih besar toko semar.

  • 1. mohon informasi dimana sy dpt membeli emas batangan (saya di yogyakarta)
    2. Apakah biaya gadai tiap daerah berbeda meskipun pada bank yang sama
    terimakasih

  • Saya saat ini sedang mencoba berkebun emas. dan saya sudah menetapkan bank yang saya pilih untuk investasi tersebut di bank syariah mandiri kelapa gading . kebetulan di cabang tersebut dekat dengan rumah saya. sebelumnya saya sudah mensurvey berbagai tempat untuk menggadai termasuk pegadaian yang ternyata mematok biaya paling mahal 30% pertahun. akhirnya saya memilih bsm diantara bank syariah lainnya. memang ada beberapa tempat gadai lain yang menawarkan biaya lebih murah dari bsm tapi menurut saya perbedaan biayanya tidak terlalu signifikan. selain itu reputasi bsm sebagai bank syariah dengan kinerja keuangan paling bagus menjadi alasan kedua saya. jadi menurut saya reputasi tempat berkebun emas pun menjadi faktor penting setidaknya untuk keamanan investasi kita juga. di bsm biaya titip akan semakin rendah bila kita bermain emas dalam jumlah besar, selain itu emas juga ditaksir cukup tinggi. petugasnya pun pernah menawarkan pelayanan jemput emas kepada saya apabila saya berhalangan untuk ke bsm.

  • ada yang bisa kasih info gak dimana lokasi bank jabar syariah terdekat dengan rumah saya di jakarta barat? thx

  • sekedar info bbrp bulan yang lalu sekitar bulan juli 2010 saya memulai berkebun emas dengan menggunakan jasa gadai emas dr bank mandiri syariah. Biaya pemeliharaan untuk logam mulia per gram per bulannya adalah sebesar Rp.4.650 sedangkan untuk biaya administrasinya menggunakan rumus yaitu 20.000 + (0,1333% x taksiran) -> sumber dari brosur gadai emas bank mandiri syariah.
    Demikian info yang bisa saya berikan..terimakasih

  • saya Iwan.
    mau nanya nih! ama temen2 yg udah mempraktekkan berkebun emas.

    Saya sudah punya emas batangan 100gr. Saya mau nyoba berkebun emas, namun ada beberapa pertanyaan khususnya bwt Mas Purwo..
    1.Apakah tetap Saya gadaikan emas seberat 100gr dan mengumpulkan uang tambahan untuk membeli lagi emas seberat 100gr dan biaya simpan untuk diagadaikan? Tentu saja, Saya yang cuma karyawan kecil akan memakan waktu lama untuk mengumpulkan uang tambahan untuk membeli lagi emas 100gr.
    2. Atau saya jual saja emas 100gr untuk dibelikan emas yang lebih kecil, supaya biaya simpannya tidak terlalu besar dan biaya tambahan untuk beli emas lagi tidak terlalu besar?
    3. Apakah lebih menguntungkan proses gadai-beli dalam waktu yang singkat atau lama? berapa waktu ideal antara menggadaikan emas dengan membeli lagi emas berikutnya?
    4.Diantara 3 komponen : nilai gadai tinggi, biaya simpan yang rendah, dan waktu penyimpanan yang singkat, mana yang diutamakan?
    saya harap teman2 mau memberikan masukan bagi saya dan Saya ucapkan banyak2 terima kasih…

  • berkebun emas untuk jangka panjang bukan membuat kaya, tapi hanya menjaga kekayaan agar nilai tetap, untuk mencari untung harus bermain dalam jk pendek, beli emas ketika turun dan jual ketika naik dengan memperkirakan biaya investasi dan potongan harga emas, untungnya ada tapi tidak terlalu besar.

  • juragan2 sekalian yg mau berkebun emas…klik & pahami dulu tulisan berkut: geraidinar.com/index.php?option=com_content&view=article&id=246:ingin-cepat-kaya-dengan-hutang-saran-saya-jangan&catid=1:latest-news&Itemid=50 Bukan promosi tapi supaya kita jd lebih paham utk investasi, untung -rugi & resiko2nya. Salam sukses!!!

  • @shakespear pd April 19, 2010 biaya penitipan emas Rp. 3750/gram/bulan di Bank Jabar Banten Syariah Jkt Arthaloka.
    Sekarang dah Juni…ilustrasi di ebook cuma Rp 1900/gr/bulan…biaya naik 100% apa ilustrasi di ebook kebun emas masih valid?

  • saya sangat tertarik dengan mengumpulkan emas untuk pensiun nanti,
    dan sempat dengar dan itung itung sedikit mengenai berkebun emas.
    setelah saya telusuri, yang jadi pokok penting terbesar adalah BIAYA GADAI dan TINGKAT KENAIKAN EMAS yang tidak bisa kita kendalikan.
    memang emas itu relatif cenderung naik… (bukan pasti naik, tapi cenderung… dan itu perbedaan yang sanagat besar sekali)
    inflasi terhadap emas itu 0% maka dari pada itu emas dikatakan sebagai penyeimbang inflasi.
    jadi menurut saya berkebun emas adalah sebuah “trik” untuk mendapatkan selisih harga kenaikan emas (yang tidak bisa kita kendalikan) dengan biaya gadai.

    yang menjadi pikiran saya adalah…
    apa lebih baik kita tabung emas dengan cara konfensional? dan gak perlu repot mikirin gadai, kenaikan harga emas dll…..
    karena kalau sudah terkumpul emas sejumlah kebutuhan yang kita perlukan (100% milik kita bukan 20% milik kita, tapi 80% milik penggadaian) kita bisa pensiun.

    bagaimana menurut teman teman??

  • Biaya gadai di lapangan tidak sesuai di ilustrasi ebook :-)

  • Dimana saya bisa beli koin emas? Apa ada minimal gramnya?

  • @ bg roby gaspar,

    Bg, bisnis apa yg labanya 24-41% per bulan, atau laba 288-492% hanya dalam setahun. Setahu saya, sekalipun itu bisnis besar BEP-nya (Balik Modal-nya) dalam jangka waktu 4-5 tahun deh.

    Trmksh…

  • ikutan komentar ya kang….
    sy sdh hitung dg trail n erorr,dg modal 45jt kmd dibelikan emas 24karat Antam slm 5bln sesuai trik kebun emas,dpt emas 24karat 450gr.stlh dipikir2 emas 450gr bkn milik kita 100%,krn sebagian sdh digadai.tentunya 1th kmd jk diprediksi kenaikan harga emas 24karat 20%,mk stlh batangan terakhir sbg kunci kita jual,maka kita cuma dpt untung 16jt.tentunya dg modal 45jt kok 1th cm dpt laba 16jt?ya termsk kecil.krn jk 45jt diinvestasikan bisnis lain dg laba 24-41%/bln,dlm setahun modal awal akan mendpt laba 288-492%.laba tersbt jelas diatas kenaikan harga emas dunia dong….
    ebook kebunemas.com ga salah kok,trik gadai emas syariah tetap mendapat laba/menguntungkan,cuma ga sebesar bisnis lain.jadi bagi ANDA silakan pikir2 ulang,jangan cm pgn pny gadai 1,5kg emas saja,pdhl sebnrnya emas seberat itu bkn milik kita sepenuhnya,artinya-sebesar apapun gadai emas ANDA,utk memilikinya ANDA hrs keluar uang utk menebus besaran gadai.jk gadai 80-90%,berapapun kilo emas kita di gadai syariah,kepemilikan kita cm 10-20% saja.betul kan????mohon komentar ya kang????

    • mas roby gaspar,
      terima kasih buat pencerahannya. memang kalo dibaca dari awal dan jeli, berkebun emas memang bukan untuk membuat kita kaya dalam sekejap. dari mula kebun emas sepertinya ditujukan bagi kita yang punya modal dikit tapi ragu untuk menyimpannya dalam bentuk reksadana/deposito dan sejenisnya karena pengaruh inflasi dan ketidakjelasan nilai uang kertas.

      kalo diitung, ya meski untung dikit tapi uang/modal yang kita punya masih memiliki nilai (paling tidak) sama atau lebih tinggi sedikit saat kita invest dalam bentuk emas.

      omong2 bisnis apa nih yang keuntungannya bisa 24-41%/bln?

  • jika seumpama kita punya uang 50jt, pengin invest beli LM. bagaimana sebaiknya belinya, terus LM itu kita apakan? klo simpen di rumah, kayanya riskan, klo orangnya pelupa dan teledor? kalo teman2 uang itu diapain? gimana sih cara berkebun emas? klo beli e book bacanya ribet dan terlalu tebal ( he.. he) pengin yg praktis

  • saya agak lemah angka. klo kita punya LM 20gram, trus kita gadai, uangnya kita deposito, gimana? apakah rugi atau impas untuk sekedar aman menitipkan emas kita, atau ada keuntungan?
    Saya pernah gadai emas perhiasan, uangnya saya puter untuk modal . Tapi ternyata agak belibet jg. jadi pas saya mau tebus perlu usaha extra.. akhirnya nebusnya pake dinar.. dan sekrang masih tersimpan di pegadaian.. agak pusing juga ya.. ada saran?

  • menurut saya srategi berkebung emas ini merupakan hal yang baru, tetapi kita sadar harga emas dunia terus mengalami peningkatan yang signifikan dan cendrung naik terus dak pernah turun

  • BEDANYA EMAS LM DAN ANTAM APA? TRUS KALO MAU BELI DI MANA, O Y SYA BERADA DI SOLO

    • Mas ichwan kalau mau beli bisa di tempat saya di Solo jl. Gatot subroto 206 , selain berkebun emas saya juga jual beli emas LM, yang ready : 100 gr an tapi yang 10 gr dan 25 gr pas habis. insa allah setelah umroh (tgl 27) saya ready yang 10 dan 25 gr. tks

  • how smart are u……

    5 LM cair 90%
    nilai pencairan mencapai 1.470.000
    dari modal di atas saya bisa mendapat untung 300 Rb per minggu
    mmmmm…benar benar menggairahkan.

    Koq Bisa???
    jelas bisa dananya saya belikan minyak tanah 1 Drum, kemudian saya mintakan tetangga saya yg pengangguran untuk memasarkannya..hasilnya??

    saya dapat menciptakan lapangan kerja baru
    silaturahmi bertambah hangat
    asset pun semakin bertambah

    layanan gadai emas…pick up service, 081310 112 168
    *syarat dan ketentuan berlaku

  • rekan rekan sekalian bisa bantu saya cara berkebun emas ngga?mekanisme bagaimana,kalo beli ebook nya kebunemas terlalu mahal.saya pingin sukses seperti sodara2 semua.

  • sepertinya susah berkebun emas di medan kalau mengingat diperlukan tempat penitipan yang murah, bank syariah di medan saja tdk ada yg bisa dititipin (dr list KC di website).

  • Hari ini saya mencoba ber-Kebun Emas di Bank Jabar Banten Syariah Jkt Arthaloka dengan biaya penitipan emas Rp. 3750/gram/bulan. Saya kira biaya penitipan emas ini adalah yg termurah. Tp klo ada yg lain, mungkin bisa diinformasikan… Ada yg ingin saya tanyakan, apakah dengan membeli dan menggadaikan emas tiap bulan (sesuai gajian) efektif? Mengingat harga emas fluktuatif. Thanks.

    • kalau mau lebih efektif mungkin perlu analisa fundamental atau teknikal dari emas itu sendiri. tapi kalau males, yg penting ada nabung ke emas saya rasa sudah bagus.

    • besaran emasnya berapa Gr …di BSM tarif berlaku secara tiering,
      pabila jumlahnya cukup besar by ijarahnya insya allah bisa lebih murah dari tarif di atas

  • Gadai sudah mengalami revolusi…….

    sebagai solusi investasi Logam Mulia yang sangat menggoda

    ketika saya jatuh tempo ternyata masih ada kelonggaran tanpa dikenakan by pinalti sampai dengan 15 hari

    matur suwun BSm…emas saya masih terjaga dan nilainya pun semakin naik

    btw matur suwun juga u kang purwo

  • Salam,

    saya baru baca info ttg kebun emas dan nampak menarik sekali, saya di Bandung sebaiknya beli logam mulia dimana ya?

    Lalu berapa gram syarat minimal yg bisa digadaikan di bank?

    terima kasih.

  • assalamualaikum wr rb mas purwo,

    kalau kita berkebun 100 gram emas, terus kita kebun kan dengan 5 tahapan seperti di ebook pak rully, berarti itungan kepemilikan emas kita untuk yang wajib dizakatkan 500 gram ya mas? ato gmn?

  • qu juga mau ikutan klo boleh tau di yogya belinya dimana ya. terus gadainya di bank syariah mana yg plg murah, trims infonya

  • Salam,
    Menurut hemat saya, ketika kita mau gadai emas/dinar/apa aja jika kita “butuh uang” yang perlu banget. Jadi bukan untuk investasi (cari untung dari gadai).Saya kira lebih baik lebih mengutamakan investasi di sektor riil atau kalo belum bisa terjun langsung bisnis, carilah teman yang memerlukan modal dan bagi hasil. Lebih menguntungkan dan membantu,walaupun kita harus siap dengan resiko rugi…..

    • untuk sekadar menyimpan emas kita agar aman jg bisa jadi solusi pak. jadi gadai dengan nilai sekadarnya saja agar emas bisa kita titip di bank. hanya sekadar solusi aja apabila was was simpen di rumah.

      • USUL
        kalau hanya untuk menyimpan emasnya cukup memakai layanan save deposit box…yang biayanya juga lebih murah

        kita bisa memilih di banyak bank yang memiliki layanan SDB

  • Saya baru membaca mengenai berkebun Emas, please Info, sekarang ini biaya gadai di Bank apa yang paling rendah dan untuk Makassar bisa beli emas di mana?? kemarin saya dapat info kl BRI syariah katanya 1600 gr/10 hari apakah ini bisa diterima atau tidak dan bagaimana cara hitungnya apakah ini menguntungkan atau tidak.

  • Makasih infonya mas. Saya juga lagi nyari mana bank syariah di yogyakarta yang paling murah biaya gadainya. Plus pengen ikutan berkebun dinar juga buat diversifikasi:-) Selama ini nabung di reksadana dan dah dapet return lumayan. Diterusin nggak yaa..

    • diversifikasi… akur mas. yg udah jalan dilanjutin aja kale, trus coba invest di instrumen berbeda biar tambah cakep diversifikasinya.

  • Assalammu’alaikum Wr.Wb. Mas Purwo, saya tertarik dg pengalaman anda dan analisis anda tentang berkebun emas. Mohon informasi untuk beli emas murni di Banjarmasin di mana? apakah juga ada PT. Logam Mulia Cabang Banjarmasin. Syukron. Wassalammu’alaikum Wr.Wb.

    • waalaikum salam wr wb. untuk luar jakarta yg belum ada perwakilan logam mulia, boleh coba cari di pegadaian terdekat pak.

  • saya belum cek biaya titip.
    tapi klo info2 diatas tentang biaya titip yg diatas 5000 benar, maka cara berkebun emas benar2 bohong besar.

    dengan nilai taksir 80%
    biaya titip Rp.5000,- = bunga 21%/tahun
    biaya titip Rp.4000,- = bunga 17%/tahun
    biaya titip Rp.2500,- = bunga 10%/tahun

    saya akan cek harga titipnya, pengen tau gua ketipu 250ribu atau gak

  • Berinvestasi emas yang utama adalah penjaga nilai, nilai akan tetap konstan. teknik dari pak Rully saya kira sangat bagus, tapi syaratnya hanya nilai sewa yang rendah dari bank, jika nilainya tinggi mungkin lebih untuk jika membeli langsung

  • berkebun emas semakin diwadahi oleh banyak bank, kmarin saya mau nambah lagi kebun emas saya, datanglah saya ke BSM langganan, ternyata sekarang biayanya sdh tearing alias semakin besar nominal gadai semakin murah biaya titipnya. kebetulan emas yg sdh saya gadaikan di BSM sdh lbh dr 400gr, maka saya cuma dikenakan biaya 4.200,-/gram/bulan!!! semakin murah aja kan?!!! apalagi mereka bersedia pickup service emas kita loh!!! jadi ga usah khawatir emas kita hilang/kenapa2 di tengah jalan. siap2 panen lebat nih.

    • pak budl rachman dan bapak – ibu yang luar biasa…

      saya cukup awam untuk investasi ini.
      saya saat ini punya modal 1,5 juta. itu hasil menyisihkan tabungan.maklum belum tercerahkan.
      saya kemarin coba ke BSM, dan pegadaian. saya heran berkebunnya gimana?kalo di BSM biaya gadainya besar, lagipula saya malu kalo bilang cuma ada dana1,5 juta.
      kalo di pegadaian, belinya tempo, trus kena marjin segala seperti bank syariah.oke lah sekarang saya beli, tapi trus waktu harus melunasi, duitnya dari mana?
      mohon dengan sangat pencerahannya. saya ingin juga sukses seperti bapak2 ibu sekalian. tapi apa daya, modal masih sangat terbatas..

      terima kasih banyak … jika ada yang bersedia membimbing saya dengan materi yang simpel aja mohon di email ke agp2699@yahoo.com. saya mo beli ebook, tapi bagi saya cukup mahal..

      • gimana mas, apa anda sudah mencoba. sy jg spt anda, dengan modal mepet. makanya saya pgn tau gimana jelasnya. trm kasih.

  • Info yang bagus.. Saya juga mau memulai bisnis kebun emas.. Namun dimodifikasi dengan usaha produktif lainnya.
    Saya beli LM di surabaya. Ada yang lbh murah dari tempat saya membeli?
    Ma kasih

  • Daripada gadai emas bagaimana kalau langsung nambang emas aja ? Di tempat saya palangkaraya banyak orang yg tiap minggunya belanja logistik untuk pekerjanya. Semua kendaraannya sama, ford dobel kabin. Artinya hasilnya pasti banyak kan. Lagi pula aman-aman aja tuh dari dulu sampe sekarang. Yg tradisional aja perhari bisa 1-2 gram, apalagi yg make merkury ama mesin sedotnya. 2 bulan dah kembali modal

  • Assalamu\’alaikum Wr. Wb.

    Maaf ikutan sebar info ya mas Purwo.
    Informasi yang saya dapat bahwa di BPRS PNM AL MA\’SOEM biayanya hanya (1,7% X Nilai Taksiran) per bulan dan tidak ada biaya lainnya.

    Contoh: kita gadai emas 24 karat berat 10 gram maka perhitungannya adalah:
    Nilai Taksiran untuk standar harga saat ini sebesar Rp. 3.000.000,-
    Nilai pinjaman sebesar 80 % X Nilai Taksiran adalah Rp. 2.400.000,-

    Biaya penitipan per bulan sebesar 1,7% X 3.000.000,- (Nilai Taksiran)
    Maka biaya perbulan yang harus dikeluarkan hanya sebesar Rp. 51.000,-

    Terimakasih
    Hotline : (022) 7212759

  • ada berita bagus bagi temen2 yang sudah pernah gadai.kemarin saya dikasih tau tmen saya.tentang bekebun emas.sangt menarik.dan saya juga dikasih tau tempat gadai yang paling murah.saya sudah membuktikanya setelah saya hitung 2 bener.teryata ada bank bri syariah yang lebih murah.coba dibuktikan dengan perhitungan yang matang dan gali informasinya secara detail dari berbagai bank yang menyediakan gadai.anda akan liat perbedaan kemurahannya.saya tidak mengiklankan bank manapun.tapi klo ada yang lebih murah kenapa kita tidak memilih yang lebih murah….

  • Mas, saya sudah coba tanya ke Bank jabar syariah,
    untuk biaya sewa tempatnya dikenakan Rp. 3200/gram/bulan
    artinya sekitar 0.914% dari harga emas (asumsi Rp. 350.000).
    Untuk pertahun kira kira 10.97% –> hampir 11%.
    Dengan biaya kira2 11% apakah besar kemungkinannya harga emas naik diatas 11% pertahun..?
    Ada tidak yang memiliki history harga emas dari tahun ketahun,
    kalau ada sharing dong… jadi bisa dihitung seberapa besar resiko dan keuntungannya.

    Terima kasih.

    Sebagai refferensi saya juga sudah tanya ke bank lainnya :
    - Bank Mega syariah : Biaya awal 0,6%, sewa perbulan 1,58% (untuk LM)
    - Bank BRI Syariah : Biaya awal Rp. 12.500, sewa tempat Rp. 2000/10hari (Rp.6000 per bulan).
    Mohon ralat jika saya salah mengerti.

  • Mohon maaf, apakah tidak salah infonya diatas untuk biaya gadai emas di Syariah Mandiri, kemarin istri saya gadai emas di Syariah Mandiri Gresik biayanya Rp 5650,-/gr untuk 1 bulan bukan untuk 4 bulan.

    Jadi kalau 4 bulan adalah 5650 x (jumlah grm emas) x 4 bulan.
    Contoh: kita gadai 10gr maka perhitungannya adalah:
    Rp5650,- x 10 gr x 4 bulan = rp 226.000,- (apakah ini tidak kemahalan?)

    Yang tetap untuk 4 bulan adalah biaya administrasi & asuransi. Kalau diperpanjang setelah 4 bulan baru dikenakan biaya administrasi & asuransi yang baru. (Mohon koreksi bagi yang berkompetensi dengan hal ini)

    • trims informsinya. informasi yang betul adalah yang dari bank langsung, untuk bsm memang agak mahal. untuk yang murah coba di bank jabar syariah.

    • benar mas Enos, kira2x untuk jawa timur, gadai emas yg ongkos simpannya paling murah dimana ya?

  • cara berkebun dinar gimana mas ?? apa kayak kebun emas ??
    tapi komen yang diatas hampir mustahil karena kenaikan emas 10% per bulan amat sangat sulit tercapai

    • memang sulit mencari kenaikan emas 10% per bulan, seperti yang saya tulis di artikel bahwa investasi ini adalah untuk jangka panjang. minimal 3 tahun. tapi apabila kurang dari 3 tahun sudah naik 30% tentu akan baik. untuk kebun dinar belum ada mas, tapi ada investasi dinar yang bagus, namanya qirad. silakan membaca lebih lanjut di http://www.geraidinar.com

  • Satu hal yang perlu dipahami apabila kita ingin investasi emas, adalah:
    emas adalah benda yang bernilai instrinsik dan telah digunakan selama berabad-abad sebagai benda ekonomi sebagai standar nilai ekonomi suatu benda atau barang selain emas.Antara lain bahan pangan, sandang, papan. sehingga ia digunakan sebagai alat tukar.
    Artinya apabila harga emas naik maka harga barang-barang pun naik mengikutinya. Ataupun sebaliknya. Sebab inilah emas memiliki nilai inflasi 0%, karena nilai instrinsiknyalah ia diterima dimana saja diseluruh dunia.

    Yang terjadi apabila emas yang kita investasikan ternyata naik 100% dalam jangka 2 tahun ini. Dan memang ada indikasi kesana. Maka bisa dipastikan bahwa nilai rupiah akan melemah 100% atau dikatakan mengalami inflasi 100%. Maka dengan kita berinvetasi emas selama jangka dua tahun ini nilai yang dikandung akan tetap sama terhadap nilai barang atau jasa pada saat itu. Dibanding kurs rupiah yang kita miliki di bank akan kehilangan nilainya 2 kali lipat. Bila hari ini kita membeli indomie Rp 1000 maka dua tahun nanti kita harus mengeluarkan Rp.2000 untuk membelinya.

    Menurut hasil perhitungan saya:
    Bila kita investasi cara kebun emas dengan cara biasa yaitu dengan investasi biasa dengan membeli emas dan menyimpannya saja selama 1 tahun,
    Cara Kebun Emas
    asumsi biaya titip gadai perbulan Rp.3000/gram plus biaya adm tiap 4 bln Rp20.000, investasi 100 gr. Bila pada saat kita membeli dibulan pertama harga emas Rp.300.000/gr, dan kenaikan harga emas adalah 10%/bln. dan dalam jangka setahun harga emas berubah menjadi Rp.500.000. Lalu kita Tebus semua emas-emas yang kita milki pada bulan itu juga maka kita akan mendapatkan uang cash sebesar Rp. 59.109.950 dan emas 100gr. Total investasi yang kita keluarkan seluruhnya untuk membeli emas selama 5 bulan adalah Rp. 61.762.950.

    Cara biasa
    Kita beli emas 100gr dengan harga Rp.300.000/gr, terus kita simpan dirumah selama setahun. Setelah setahun harga emas naik menjadi Rp.500.000/gr. Maka apabila kita jual kita akan mendapatkan uang cash Rp.50.000.000 dikurangi dengan zakat maal 2.5% karena telah terkena kaul yaitu 1 tahun disimpan sebesar Rp. 1.250.000. Dengan total investasi Rp. 31.250.000 kita akan memperoleh kelebihan cash sebesar Rp. 18.750.000. dari penjualan emas tersebut.

    Dengan cara kebun emas memang tidak diperhitungkan zakat maal, karena belum terkena kaul zakat maal, dimana belum genap satu tahun.

    Mana cara yang menurut anda terbaik. Anda tentukan sendiri, yang terpenting adalah harta yang kita miliki tidak mengalami penyusutan nilai karena nilai kurs mata uang yang berubah-ubah.

    Buat Mas Admin maaf bila commentnya kepanjangan :)

    Firman Zain
    Dinar is Solution

  • koreksi pak, biaya gadai emas di BSM lebih murah lagi sekarang, 5.400/gram/bulan. Bank Jabar terdekat dr rumah saya adanya di Depok, sementara saya tinggal di Kebayoran, mahal diongkos blum lagi capeknya. Ada informasi terbaru, Bank Syariah Mandiri Jatinegara melayani antar & jemput emas yang akan digadai minimal 100gram 24karat (logam mulia).

    Sekian sharingnya, selamat berkebun emas.

  • Biaya penitipan yang murah hanya di bank jabar aja, jadi konsep berkebun emas ini keuntungannya juga minim, apalagi kalo jarak bank – rumah kita jauh, mungkin harus dipikir ulang

  • makasie yah infonya…saya baru mau cona nie gadai emas

  • Makasih Mas Purwo…
    @All ada yang tahu ndak di Batam dimana klo mau beli emas batangan?
    terus klo beli di logammulia.com apa pengambilan barang harus ke jakarta?
    thanks B4

    • kalau di logammulia harus ambil sendiri pak di kantor LM. di daerah katanya bisa pesan ke pegadaian pak, nanti ada fee tambahan.

  • Mas Purwo,

    untuk biaya penitipan gadai emas, bank mana yg memiliki tarif paling kompetitif. Terima kasih.

  • Assalamualaikum…
    Mas Purwo.
    teknik sampeyan ini apa sdh ditanyakan ke ulama fiqh atau MUI tentang kehalalannya?
    makash banget..klo emang halal bs ditiru dan moga barakah

    • belum mas, tapi dari keterangan pak rully selaku penulis ebook, beliau mendapatkan dukungan dari bank syariah, kalau bank syariah tidak melarang artinya barangkali boleh mas. tapi lebih mantep lagi kalau ditanyakan ke ulama fiqh…

  • Kebun emasnya gagal panen mas ketika, biaya ijarah per tahun > return kenaikan harga emas. Saya hitung2, kalo biaya per gramnya dibawah Rp3.000 per bulan (asumsi emas per gram Rp320 rb, dan taksiran gadai 80%, return kenaikan emas 8% pertahun) maka kebun emas masih masuk akal. Cuman dimana
    ada dana ijarah yang <3.000 gram/bulan??

  • Pak Purwo,
    kabar dari temen bank syariah jabar Rp3200/gramnya

  • Mas Purwo, tulisan njenengan kami koreksi :
    Biaya gadai emas di Bank Syariah Mandiri per bulan adalah 5.500 bisa diperpanjang.
    Minimal lama gadai adalah 4 bulan, jadi 5.500 * 4
    Biaya gadai bisa dibayarkan di akhir masa gadai.

    Ada tambahan biaya 1 kali aja saat akad gadai sebesar 20.000, untuk biaya administrasi 8000 dan 2 materai @ 6000.

  • thanks banget mas sharingnya…

    coba di bank jabar syariah mas, kabarnya lebih murah.

  • mas, sedikit menambahkan, hari ini saya telp BSM cabang Tanah Abang (cabang BSM di jakarta yang menyediakan layanan gadai emas, telp 3923030), info yang saya dapat untuk biaya gadai (BSM menyebutnya pemeliharaan) LM 25gram = 137500/bln, masa gadai 4bln, biaya admin 51200 (hanya sekali, include asuransi 31200), LM 25gram ditaksir jumat ini dihargai 7800000 x 85% = 6630000 (312rb/gram). Jadi biaya 1th 137500 x 12bln = 1650000 + 51200 = 1701200, lumayan tinggi juga yaa… kalo di prosentasikan, 1701200/6630000 = 25,6% per-tahun,

    Saya jg sempet tanya di bank syariah mega indonesia, disana malah lebih tinggi lagi 6264/gram/bln.
    Kalo di penggadaian sistem bunga, kalo pinjaman 500-20jt, bunga 1.3%/15hari dari nilai pinjaman.

    kira2 di bank syariah mana ya, yg bisa lebih murah lagi ???

    • kalo urusan gadai mah PEGADAIAN jagonya, mo dimana lagi??
      mereka udah pengalaman 100tahun lebih dalam urusan gadai menggadai…
      apalagi gadai emas.
      taksiran emas dinilai tinggi, kantornya ada dimana-mana, urusan bunga juga so pasti kompetitif. memenuhi persyaratan untuk jadi kerabat investasi emas yang baik bukan?

    • numpang coment boss, saya barusan gadai di BRI syariah biaya penitipan cuman 1.500/hari x berat emas yang di gadai. saya gadai kan LM 100gr biaya penitipan per bulan hanya 450rb + admin 60rb untuk 100gr ke atas, jatuh temponya 4 bulan. saya dpt modal 93% dr nilai taksir sekitar 90%. kemudian saya belikan lagi emas di toko rekanan BRI syariah cuman bayar 4,8jt untuk 100gr. Berkebun emas untuk investasi jangka panjang bukan untuk spekulasi seperti valas dan saham. setiap hari saya online lewat kitco.com ternyata harga emas per hari nya tidak bisa dibuat spekulasi seperti gadai hari ini jual 2 hari lagi klo harga emas naik. jual beli emas hanya untuk transaksi bank sentral tiap negara karena kuantitasnya banyak. klo spt kita sih plg banyakbrp?

      • Pak Firdaus,

        Mohon konfirmasi lagi donk. Apa bapak yakin beli 100gr emas direkanan bri syariah mandiri Rp.4.8 juta.

        Mau donk, Pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose