Kabel Perpanjangan / Extension USB 2 Untuk Modem 3G

Alhamdulillah kabel perpanjangan USB 2.0 sudah sampai di tangan, aku test normal semua. Akhirnya solusi mendapatkan signal 3G bagus sudah teratasi. Sekarang modem aku letakkan di atas jendela dan disambung dengan kabel perpanjangan (extension cable) USB 2.0 agar sampai di laptop, dan jreng, signal 3g aku jadi stabil.

Hari-hari kemarin aku sering cari di google untuk sambungan kabel modem 3G ini, karena di rumah adanya kabel perpanjangan USB 1 dan ketika aku coba sambung maka modem tidak bisa digunakan. Setelah googling kesana kemari akhirnya aku sadar bahwa penyambungnya harus Kabel Perpanjangan USB 2.0 juga, perbedaan mendasar dari extention cable USB 1.0 dan USB 2.0 adalah pada pembungkus atau shield dari kabel tersebut. Untuk kabel perpanjangan USB 2.0 mutlak diperlukan shield atau lapisan kabel pembungkus sepanjang kabel untuk menghindari signal loss. Untuk kabel USB 1.0 tidak diperlukan shield, oleh karenanya maksimal transfer data yang bisa dihantarkan oleh usd 1 dan 2 juga berbeda, untuk USB 2 bisa sampai 480 Mbit/s.

Di google aku menemukan beberapa website yang menjual kabel perpanjangan USB 2 ini dengan harga beragam, ada yang menjual kabel extension USB 2.0 sepanjang 1.5 meter dengan harga Rp 35,000,- dengan alasan barang dia bagus, di kabel ada tulisan High Speed Shielded USB 2.0 Extention Cable, tapi kalau kita telaah untuk kabel USB 2 memang itu persyaratannya, yaitu harus menggunakan shield, sehingga dihasilkan kecepatan tinggi. Jadi menurut hemat saya itu hanya bahasa marketing saja agar bisa menjual dengan harga tinggi.

Di website lain kabel USB 2 sepanjang 1.5 m dijual dengan harga Rp 15,000-an, aku dulu nemu di bhinneka.com dan kompie.com, tadinya aku mau beli di bhinneka, tapi karena ada minimum biaya pengiriman dari tikijne di bhinneka yang mewajibkan minimal biaya pengiriman adalah Rp 25ribu, maka akhrinya aku batalkan karena barang yang aku beli bahkan tidak sampai 1 kg beratnya. Akhirnya waktu aku browsing situs detikinet.com maka secara tidak sengaja aku temukan kompie.com, sebenarnya dulu aku pernah nemuin di google juga untuk kabel perpanjangan usb 2 milik kompie.com, singkat cerita aku order kabel extention USB 2.0 sepanjang 1.5m sebanyak 2 buah, dan yang 3 meter 1 buah. Beberapa hari kemudian barang sampai di rumah dengan selamat, meski kurir agak kesulitan juga menemukan tempat persembunyianku :D.

Pengujian segera aku lakukan, tapi karena tidak ada waktu maka hanya 1 kabel saja yang aku uji yaitu kabel extention yang 1.5 meter, alhamdulillah lancar. Hari ini sebelum aku menulis artikel ini aku telah menguji semua kabel satu per satu, dan semuanya normal. Kemudian aku coba untuk menyambung seluruh kabel perpanjangan USB 2 ini, jadi total panjang kabel adalah 2 x 1.5 meter + 1 x 3 meter + 1 x 1 meter (kabel bawaan dari modem 3G), maka totalnya menjadi 7 meter dan sungguh menggembirakan bahwa modem 3G aku masih berjalan normal. Aku cukup senang karena dengan modal kabel 60ribuan (termasuk ongkos kirim) aku bisa mendapatkan signal 3g dengan kualitas bagus, masih bisa bagus lagi kalau aku letakkan mouse diatas atap, apalagi kalau bisa eyesight dengan tower indosat, dugaan aku bakalan full signal 3G aku, semoga!

Aku ada baca-baca juga di http://kost-net.blogspot.com bahwa untuk modem 3g efektifnya adalah 10 meter kabel perpanjangannya, diatas itu harus menggunakan repeater atau hub untuk menyalurkan daya ke modem, karena kalau kabel terlalu panjang maka power atau daya akan habis di jalan dan kualitas signal juga menurun. Dari percobaan yang saya lakukan maka untuk panjang kabel 7 meter bisa langsung dipakai tanpa memerlukan power tambahan.

Di pasaran juga beredar kabel perpanjangan USB 2 sepanjang 5 meter, aku lihat di jakartanotebook.com, dan kabel tersebut berjenis hub konektor B female nya, jadi perangkat bisa mendapatkan daya tambahan apabila diperlukan, tapi anehnya ada testimonial bahwa saat digunakan di modem 3g tidak berfungsi secara maksimal bahkan modem sering tidak terdeteksi atau hilang timbul, tapi ada testimonial lain juga yang mengatakan kabel ini berfungsi baik untuk modem 3g. Kesimpulan saya, mungkin yang mengalami masalah disebabkan dia mendapatkan kabel yang cacat, permasalahan bukan karena panjangnya karena seperti yang saya buktikan bahkan dengan sambung menyambung extention cable usb 2 sepanjang 7 meter milik saya berjalan dengan normal sampai saat ini. Oh ya, sebelumnya saya juga pernah membeli hub 4 port USB 2 di toko Giant, waktu masih baru hub ini bekerja sempurna, tapi beberapa hari kemudian laptop tidak bisa mendeteksi modem 3g waktu saya sambung dengan hub USB 2 ini, wah nasib… Mana harganya Rp 79ribuan lagi, tidak untung deh gue… tapi tidak mengapa, setidaknya ada pengalaman yang aku dapatkan sehingga bisa berbagi dengan para pembaca blog sekalian…

So, bagi anda yang memerlukan kabel perpanjangan USB 2 untuk modem 3g atau wireless card, maka bisa membeli kabel dengan panjang sesuai kebutuhan, kalau sekedar ingin meletakkan modem di jendela maka satau atau beberapa cable extention usb 2 sepanjang 1.5 meter sudah mencukupi, tapi kalau ingin meletakkan perangkat di atap rumah atau bahkah ingin menggunakan tower maka  kabel yang panjang bisa menjadi alternatif. Menurut hemat saya kabel yang sekaligus panjang ada keunggulan dan kekurangannya juga, kalau dari segi signal mungkin lebih baik yang kabel panjang sekalian karena jadi tidak banyak sambungan, sehingga signal bisa utuh sampai di laptop, kekurangannya kalau ada kerusakan misal putus maka kabel itu menjadi tidak berguna sama sekali dan harus diganti baru (kecuali anda mau memperbaikinya), berbeda dengan kabel yang pendek-pendek maka bisa disambung-sambung dan kalau ada yang rusak cukup mengganti bagian kabel yang rusak itu saja, terus kalau mau dibawa jalan bisa dicopot satu persatu sesuai kebutuhan.

Semoga artikel ini membantu bagi anda yang sedang googling keyword: kabel perpanjangan usb 2, extension cable usb 2, jual kabel perpanjangan usb 2, atau kabel perpanjangan usb 2 untuk modem 3g / wireless lan card. Di bagian akhir artikel berikut saya sertakan rangkumannya:

  1. Kabel perpanjangan usb 2 pasti dilengkapi dengan shield atau pembungkus, jadi bisa dipakai untuk menyambung modem 3g atau wireless lan card, bahasa pemasaran yang memuja-muja kabel ini bisa anda abaikan.
  2. Panjang maksimal untuk menyambung modem 3g adalah 10 meter, diatas itu diperlukan repeater / hub untuk menghindari power dan signal loss.
  3. Kabel perpanjangan usb 2 ini bisa didapatkan di kompie.com atau bhinneka.com, panjang 1.5 meter Rp 15 ribu, untuk yang 3 meter Rp 20 ribu (harga bisa berubah), tergantung toko yang jual.
  4. Saya menggunakan kabel perpanjangan usb 2 ini sambung menyambung sepanjang 7 meter dan berjalan normal untuk modem 3g.

OK itu saja, selamat hunting kabel perpanjangan usb 2, belilah yang murah tapi kualitas bagus ;-) ;-) ;-)

Kabel Perpanjangan / Extension USB 2 Untuk Modem 3G
0 votes, 0.00 avg. rating (0% score)

19 Responses to “Kabel Perpanjangan / Extension USB 2 Untuk Modem 3G

  • gan saya beli kabel extension di daeerah ciputat…. pas saya coba di situ juga bisa dan lancar jaya…… dan akhir’e saya bawa ke rumah lalu hasil’e malah ga ngeditek modem sya…. itu masalah’e da dimna ya….?

  • mas, saya mau nanya nih……………..kabel perpanjang tuk modem 3G nggak bisa sembarang yah…………..soalna saya pernah nyoba pake kabel telfon (hehehe…) :P kan isinya juga kebetulan pas ada 4 jalur, (tunggal) tapi ngga bisa mas….kebetulan murah cuman 40.000 aja yang 10 meter.kok nggak bisa yah,kalau boleh tahu kabelnya yang gimana sih…..

    • bener mas, panjang dan jenis kabel untuk usb.2 tidak bisa sembarangan, apa lagi jika akan digunakan untuk device yang membutuhkan kecepatan transfer sangat tinggi seperti Modem 3G. Jika kabelnya terlalu panjang, maka resistensi kabel tsb akan semakin besar (menyebabkan semakin banyak daya yang hilang untuk mencapai ujung satunya) apa lagi kalau kualitas kabelnya rendah tambah parah :). Tetapi hal yang lebih penting lagi adalah: “USB device response time”, jika USB Host nya kelamaan nunggu jawaban dari USB device, maka Host akan menganggap paket data yang dikirimkan hilang, inilah yang menyebabkan kenapa modem tidak bisa terdeteksi. Menurut referensinya, maksimal panjang kabel USB 2.0 adalah 5 m (untuk high speed transfer dan short response time device), tetapi kalau untuk device yg tidak memerlukan response time terlalu singkat, kabel bisa lebih panjang. Inilah kenapa untuk kabel perpanjangan usb 2.0 yang bagus dijual dalam ukuran paling panjang 5 m (biasanya hanya 4,8 m / tidak sampai 5 meter).

      Semoga bermanfaat……dari orang negeri laskar pelangi…. :)

  • kalau aku, kabel usb yg bawaan modem digunting belah dua, terus beli kabel utp/lan merek belden USA (sempat tanya jg asli gak nih, tersu diberitahu asli dari distributor langsung, hologram+sertifikat/posternya ada) permeter seharga 3rb, aku beli 10 meter

    10 meter x 3rb= 30rb, dan kusambung dengan kabel usb bawaan modem (modemku huawei 3565) dan berhasil konek, setelah yakin beberapa hari aman lancar, tidak diskonek)

    nah masalah timbul, kalau lagi gak mau pakai kabel 10meter gmn?
    aku gak punya kabel
    terus beli deh kabel 3meter warna biru, gak taunya gak nyambung
    tapi gpp aku jual lagi ketemenku harga sama 18rb waktu aku beli

    terus aku besoknya dapat juga kabel 1meter dari wireless usb
    semoga bermanfaat

    thanks juga mas
    jadi ingat perjuangan untuk mendapatkan sinyal :D
    btw. kabel 10meter kepakai kalau lagi pakai operator tertentu yg sinyalnya susah kalau didalam rumah. kabel 10 meter aku pasang menempel dikabel antena tv

  • saya buat sendiri 5 m jalan bagus walau dg merek kabel biasa, tapi saat buat yg 12 meter dg merek kabel bagus kok gak kedetek ya modemnya? cuma bisa buat baca flashdisk aja. tolong dong solusinya?… thanks.

    • mungkin shield nya ada yg bocor bos. shield atau pembungkus ini mutlak diperlukan untuk kabel usb 2, kalau shield nya kurang rapat nampaknya ada pengaruh apalagi kalau kabel panjang.

  • kabel perpanjangan saya ga kebaca,..
    :( ((
    panjang kabel 5 meter,..apa krn cacad ya??
    sy gunain di laptop,..
    sblmnya sy minjem kabel yg sama k tmn(persis yg saya bli skrg)tp kabel yg saya beli ga ke detect,…
    mohon dibalas,..
    mksh

    • udah dicoba dengan perangkat lain bos? misalnya printer, kalau di printer normal dan di modem gsm tidak normal, biasanya karena grounding yg jelek. mungkin ada yang putus sambungan shield atau ground di ujung konektor, kalau udah gini mending ditukerin aja dengan yang baru.

  • kabel perpanjangan saya ga kebaca,..
    :(((
    panjang kabel 5 meter,..apa krn cacad ya??
    mohon dibalas,..
    mksh

  • kang,..kabel perpanjangan modem ane ga kebaca,…
    :(
    panjang kabel 5 meter,warna biru,..apa kabelnya cacat ya,..????

  • ada contoh gambarnya gak bos??

    • ada bos, coba cek disini langsung: kompie.com/index.php?main_page=product_info&cPath=76_97&products_id=88
      minta yang warna biru persis kayak di gambar, soale kemaren saya beli yang warna putih gak bagus, shield di konektornya kurang rapet jadi signal loss sama sekali. gak bisa dipakai untuk modem 3g yang warna putih.

      kalau yg warna biru cakep, sambungan di konektor jg cakep sehingga signal 3g juga jadi cakep.

  • mas Purwo, maaf sedikit out of topic,
    saya baru beli 5 meter perpanjangan kabel USB (entah usb 1 atau 2), saat dicoba di PC rental tempat saya beli tidak ada masalah, baik itu untuk baca flashdisk maupun untuk disambung ke printer.
    Lha pas di rumah, USB extension itu tak dikenali oleh laptop saya (tahunnya relatif lebih baru daripada PC rental), meski sudah dicoba pada 3 port yang berbeda. hal yang sama juga terjadi baik disambung ke flashdisk maupun printer.
    Apa ada hubungannya dengan USB 1 atau USB 2 ?
    atau ada hal lain yang saya tidak mengerti, mengingat saya awam dalam hal ini.
    Bagaimanakah solusi menurut Anda, saya bingung.
    Maturnuwun

    • mungkin daya usb di notebook terlalu lemah pak, jadi tidak kuat dengan kabel yang terlalu panjang. coba dites lagi dengan komputer lain agar ketahuan apanya yang masalah, bisa aja kabelnya emang masalah.

      saya juga pernah alami yg seperti itu, saya beli hub usb2, paling panjang 1 meter saja. sekitar semingguan tidak ada masalah, tapi abis itu tidak bisa dipakai lagi, dicolokin flashdisk atau modem pada gak kedetect, saya coba di komputer lain jg sama. jadi emang hub nya yang rusak, memang tidak ada jaminan bahwa barang baru kualitasnya selalu bagus.

      good luck.

  • informatif nih blog,, kebetulan saya juga kekurangan signal,
    klo OL dalam kamar cuma dpt GPRS itu juga sering putus,
    tapi klo OL di teras rumah, bisa dapet HSDPA ,
    nanti beli ah yg 10 meter buat di atas genteng.,

  • ide bagus kang, dulu aku pakai antena untuk memperkuat signal, tapi hasilnya kurang bagus. kalau ini saya rasa akan bagus, karena modem bisa dilatakkan di atap dan berfungsi langsung sebagai antena, jadi tak perlu lagi beli antena yang mahal.

    trims.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose